Mengenal Mesin Roasting Kopi

Mengenal Mesin Roasting Kopi

mesin roasting kopi

Teknologi yang semakin maju sekarang ini semakin memudahkan kita untuk membuat secangkir kopi nikmat sendiri di rumah seperti dengan memakai mesin roasting kopi rumahan.

Jika dulu, mungkin akan menjadi hal aneh jika orang membeli raw coffee atau kopi yang masih berbentuk green bean dan menyangrainya sendiri di rumah. Akan tetapi sesudah Perang Dunia kedua, membuat banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibandingkan dengan menikmati kopi di luar rumah yang kemudian membuat home roasting semakin berkembang hingga saat ini.

Bagi para penggemar kopi atau biasa disebut dengan coffee purist, menyangrai sendiri kopi di rumah denga mesin roasting kopi menjadi keunikan tersendiri yang tidak bisa tergantikan. Namun kegiatan ini juga memiliki tantangan tersendiri yakni hasil sangrai yang bisa sama atau setidaknya mendekati kualitas kopi roasted komersial.

Seperti hobi lainnya home roasting juga bisa berujung kegagalan atau bahkan kesuksesan sebab pelakunya terus belajar dan bereksperimen dengan mesin roasting kopi.

Menurut James Hoffmann, World Barista champion yang juga menjadi penulis dalam buku The World Atlas of Coffee mengatakan jika sebetulnya menyangrai kopi bisa dilakukan di mana saja asalkan mesin roasting kopi tersebut menghasilkan atau mengeluarkan panas.

Sebagai contoh, bahkan anda bisa meletakkan biji kopi raw di atas loyang dan memasukannya ke oven dan tunggu hingga matang berwarna kecoklatan meski memang jika dilihat dari hasilnya akan sangat buruk. Selain itu, anda juga bisa menggongseng atau menyangrai biji kopi dengan metode tradisional di atas frying pan namun dengan hasil yang tidak sesempurna mesin roasting kopi.

Sebagian roaster emula biasanya memakai heat gun dan mengaduk aduk biji kopi tersebut dengan teratur selama proses roasting sedang terjadi atau bahkan anda bisa memodifikasi mesin popcorn elektrik. Mesin roasting kopisemacam ini dianggap paling lumayan jika dibandingkan dengan alat alat sebelumnya untuk berlatih menyangrai kopi.

Selain memiliki sistem yang hampir sama dengan mesin roasting kopi, mesin popcorn elektrik juga bisa menyangrai kopi dengan cukup tepat dengan waktu paling lama antara 4 hingga 5 menit. Namun, mesin ini juga tidak dapat diandalkan jika anda ingin mencoba tipe light roast.

Apabila anda betul betul ingin menyangrai kopi di rumah dengan baik, maka membeli mesin roasting kopimenjadi cara yang tidak bisa tergantikan. Bagi anda yang pemula, akan lebih baik untuk memulai roasting kopi dengan skala kecil dulu seperti memakai Gene Cafe, Hario Mini Roaster, Ceroffee, Giesen, Feima, Probat, Toper dan sebagainya. Sedangkan untuk mesin home roaster yang biasa digunakan di dunia kopi adalah drum roaster dan juga hot air roaster.

Hot Air Roaster

Mesin roasting kopi ini bisa dikatakan meniru sistem pada mesin mesin roaster fluid bed komersial. Tekanan udara yang panas nantinya akan mengaduk aduk biji kopi supaya bisa menghasilkan pemanggangan yang merata sekaligus mencegah panas terlalu berlebihan yang bisa membuat biji kopi gosong.

Mesin roasting kopi tipe ini biasanya lebih murah dari segi harga jika dibandingkan dengan drum roaster dan menjadi pilihan tepat untuk anda yang baru mulai ingin terjun ke dunia roasting kopi khususnya jika anda memang belum memiliki pengalaman roasting kopi sebelumnya.

Mesin roasting kopi tipe ini bisa menghasilkan lebih banyak asap dan juga aroma ketika proses roasting sedang berlangsung. Akan tetapi anda bisa menyiasatinya dengan meletakkan mesin ini pada area yang berventilasi baik.

Drum Roaster

Mesin roasting kopi tipe ini mempunyai desain yang hampir serupa dengan mesin drum roaster komersial. Biji kopi akan dimasukkan ke dalam dan diputar dengan merata di dalam drum pada saat proses pemanasan awal sedang berlangsung. Drum pada roaster jenis ini didesain khusus untuk menjaga biji kopi tetap berputar dengan teratur supaya proses pematangannya juga merata.

Beberapa mesin drum roaster ada yang mempunyai opsi programming sendiri sehingga bisa anda pakai untuk berekperimen jika ingin membuat roasting profile yang sesuai dengan anda.

Intensitas panas dari mesin roasting kopi ini juga bisa diatur selama proses roasting di mana mesin akan mengotomatisasikan proses berikutnya menurut intensitas panas yang sebelumnya sudah anda atur.

Bagaimana Melihat Roasting Sempurna?

Idealnya, proses penyaringan pada mesin roasting kopi hot air akan berlangsung selama 8 hingga 12 menit saja. Smentara untuk drum roaster biasanya lebih lambat dari hot air roaster sekitar 10 sampai 15 menit tergantung dari berapa banyak biji kopi yang anda sangrai.

Jika kopi terasa pahit, maka kemungkinan anda sudah menyangrai terlalu lama. Sedangkan jika kurang mempunyai flavor atau sweetness, maka kemungkinan anda juga menyangrainya terlalu lama. Sedangkan jika kopi agak terasa asam, grassy atau astringent, maka ini umumnya terjadi karena proses sangrai yang terlalu cepat.

Sumber:https://swivelcoffee.com/mengenal-lebih-jauh-tentang-mesin-roasting-kopi-rumahan/

Tinggalkan komentar